pengembang property terbaik di indonesia tahun 2022

10 Pengembang Property Terbaik di Indonesia Versi BCI ASIA

Pada tahun 2021, BCI ASIA mengkurasi sekaligus memberikan penghargaan kepada 10 pengembang property terbaik di indonesia.

Para pengembang property dalam halaman ini terpilih karena beberapa kriteria pokok seperti keindahan interior, rancang bangun yang berkelanjutan, keramahan terhadap lingkungan, layanan purna jual, dll. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Wajib Baca: World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok

10 Pengembang Property yang dinobatkan sebagai pengembang property terbaik tahun 2021 oleh BCI ASIA

Daftar pengembang property di bawah ini tidak bersifat berurutan, yang kami tulis diurutan pertama bukan berarti yang terbaik dan sebaliknya yang ada di urutan terakhir bukan berarti yang terburuk.

PT Alam Sutera Realty Tbk

Perusahaan pengembang property yang didirikan oleh Harjanto Tirtohadiguno beserta keluarga pada 3 November 1993 ini mulanya diberi nama PT Adhihutama Manunggal, lalu berganti nama menjadi PT Alam Sutera Realty Tbk pada tanggal 19 September tahun 2007.

Pada tahun 2007 PT Alam Sutera Realty berhasil melangsungkan IPO (Initial public offering) sahamnya di Bursa Efek untuk pertama kali.

Selain di Serpong, Alam Sutera sekarang juga sedang mengembangkan kawasan di daerah, Cikokol (Kota Tangerang), Pasar Kemis (Kabupaten Tangerang), dan Bali.

Suvarna Sutera-Suvarna Sari: Flavio Cluster, Lloyd Alam Sutera, dan Suvarna Jati-Dhana Cluster (Fase 2) adalah Proyek terbaru pengembang ini.

PT Ciputra Development Tbk

Perusahaan dengan kode saham CTRA ini dikenal juga dengan nama Ciputra Group. Sebuah perusahaan terkemuka di indonesia untuk urusan properti.

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1981 dan mulai melemparkan sahamnya kepada publik pada tahun 1994.

Ciputra Group sangat terbiasa dengan proyek-proyek pembangunan properti berskala besar seperti hotel, apartemen, lapangan golf, mall, dll. Bahkan pengalamannya sampai ke negeri cina.

Proyek teranyar yakni Citraland Tallasa City-Silver Sand Cluster, Citra Sentul Raya River Park-Seine Cluster (Fase 1), dan Barsa City Yogyakarta-Cornel Apartment. Saat ini Ciputra tengah membangun apartemen The Newton 2 di Ciputra World 2 Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan.

PT PP Properti Tbk

Meski nama dagang perusahaan BUMN ini adalah PT Pembangunan Perumahan (PP), tapi ternyata bisnisnya sekarang sudah jauh naik kelas. Mereka juga membangun hotel dan gedung-gedung pencakar langit.

PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk. bergerak di bidang perencanaan dan konstruksi bangunan.

Sebagaimana BUMN pada umumnya, saham mayoritas sejumlah 51% dipegang oleh pemerintah Republik Indonesia. Publik menguasai sejumlah 45,36% dan 3,64% lagi dipegang oleh karyawan beserta manajemen PT PP.

Proyek terbaru BUMN ini adalah Grand Samaya-Aubrey Tower, Grand Samaya-Verney Tower, Grand Samaya-Rishley Tower dan Prime Park Hotel & Convention Lombok (Bintang 4).

PT Jaya Real Property Tbk

Sebelumnya perusahaan yang bergerak di bidang properti ini bernama Bintaro Raya ketika didirikan pada tahun 1992 dan Bermarkas di Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Perusahaan Bintaro Raya Tergabung dalam Grup Jaya pada tahun 1994 dan mencatatkan sahamnya di bursa efek indonesia untuk pertama kali.

Saham perusahaan yang bergerak di bidang properti, konstruksi, dan pariwisata ini dikuasai oleh provinsi DKI Jakarta dengan porsi kepemilikan sejumlah 40% dan swasta sebesar 60%.

Saat ini PT Jaya Real Property sedang mengerjakan proyek Pasar Senen Jaya-Trade Center: Block 1 & 2, Bintaro Jaya-U Ville, dan Bintaro Jaya Xchange Extension (Fase 2).

Sinarmas Land

Salah satu perusahaan properti terbesar di indonesia ini sebelumnya bernama AFP Properties Limited. Usaha dimulai pada tahun 1987 dengan proyek seperti apartemen, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, bahkan kota serta kawasan industri dengan inovasi yang mencengangkan.

Salah satu mimpinya adalah membangun Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai perumahan kota terbaik di indonesia. Untuk memenuhi mimpi tersebut, berbagai gebrakan telah dilakukan sejak tahun 1989 sampai sekarang.

Karya besarnya adalah : ITC Mangga Dua, BSD City-Aure & Amata Cluster@The Mozia, BSD City-Provence Suites dan BSD City-Serene Living: The Savia Clubhouse.

PT Summarecon Agung Tbk

Perusahaan ini mulai mengembangkan kawasan Kelapa Gading Permai Setahun setelah didirikan tepatnya pada bulan September 1976. Sementara perusahaan pengembang property Summarecon Agung didirikan pada tanggal 26 November 1975.

Ruko di sepanjang jalan Bulevar Kelapa Gading pun di bangun Summarecon pada tahun 1991. Dengan menggandeng partner Grup Batik Keris, mereka berhasil mengembangkan daerah Gading Serpong.

Beberapa proyek terbaru yang sedang digarap PT Summarecon Agung Tbk adalah Summarecon Bekasi-Morizen Cluster (Fase 2), Summarecon Serpong-Symphonia: Martinez Cluster (Fase 1), dan Summarecon Bandung–Emily Cluster (Fase 1).

SwanCity

Swan City merupakan perusahaan Multinational Developers and Operator terbesar di dunia yang berkantor pusat di Singapura.

Sampai 2017, Swan City telah memiliki total assets lebih dari US$ 25 B. Kami sudah membangun hampir 52 kota mandiri yang kuat diseluruh dunia.

Antara lainnya telah tersebar di beberapa negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, India, Mesir, Jerman dan Usa.

Serta mendapatkan penghargaan untuk TOP 50 LISTED COMPANY IN ASIA BY FORBES & #1 TOP INDUSTRIAL CITY DEVELOPER

Proyek terbarunya yaitu Lavon Swan City Cikupa-Grandura Cluster (Fase 1 dan 2), dan Lavon Swan City Cikupa-Regalia Cluster (Fase 1 dan 2)

PT Agung Podomoro Land Tbk

Perusahaan dengan kode saham APLN ini merupakan wujud persatuan dari tujuh pengembang properti. Sekitar 8 proyek prestis berhasil dibangun di wilayah Jakarta dan Bandung.

Perusahaan bonafit ini didirikan oleh Anton Haliman dengan proyek pertama di Simprug, Jakarta Selatan. Menyulap lahan di Sunter, Jakarta Utara menjadi kompleks perumahan elit adalah prestasi yang melambungkan nama Anton Haliman di dunia persilatan pengembang property.

Podomoro Land memiliki sejumlah proyek baru seperti Podomoro Park-Amagriya Dwi Cluster, Podomoro Park-Amagriya Eka Cluster, Podomoro Golf View: Podomoro River View, Iroko Cluster, dan Taruma Shopping Arcade (Fase 1).

PT Wijaya Karya Realty

WIKA Realty adalah sebutan yang familiar untuk anak perusahaan WIKA ini. Perusahaan ini mengacu pada standar ISO 9001 untuk menjamin kualitas setiap produknya.

Wika Realty telah meraih beberapa penghargaan untuk kesuksesannya dalam pengembangan bidang realty baik dalam skala regional maupun nasional, antara lain The Winner of Ecologically Environment Real Estate in West Java pada tahun 1993, The Winner of Enchantment Tour in Bekasi Region pada tahun 1995, The Winner of Wirastana Adistana Environmental Design of REI National Grade 1995, The Winner of Nusa Adikualita, National Application Award pada tahun 1997, dan The Winner of Environmental Garden Estate in Bandung Region pada tahun 1997.

Proyek terbaru WIKA Realty yaitu Tamansari Emerald Apartment dan Tamansari Swarna Residence Palembang-Ruma Limar Cluster.

PT Intiland Development Tbk

Intiland banyak mendevelop kawasan Perumahan Tangerang seperti Magnolia Residence .

Sejak tahun 1970-an Intiland memperlihatkan kepiawaiannya dalam menggagas trend property yang ikonik seperti Intiland Tower, Regatta, dan Graha Famili, juga Permukiman golf mewah di kawasan elit surabaya.

Perusahaan pengembang property senior ini didirikan oleh Hendro S. Gondokusumo pada tanggal 10 Juni tahun 1983 dengan nama awal Dharmala Sakti. Nama perusahaan berubah menjadi PT Intiland Development Tbk setelah mengalami restrukturisasi pada tanggal 29 Juni tahun 2007.

Saat ini, Intiland mempunyai portofolio yang berkembang di Jakarta dan Surabaya terdiri dari perumahan, apartemen, perkantoran, hospitality dan kawasan industri. Dengan filosofi “living well”, Intiland mewujudkan pengalaman hidup yang tiada bandingnya untuk masyarakat Indonesia.

Intiland Deveplopment juga diketahui banyak mengembangkan sejumlah proyek prestisius seperti South Quarter-SQ Res Tower E, South Quarter-SQ Res Tower D, Town House 1 Park Homes dan South Grove (Fase 1).

Baca Juga: Upgrade Fasilitas Bandara Internasional Lombok 2021