gambar buah kurma lombok utara nusa tenggara barat indonesia

Kurma Lombok Utara “DATU” – Kurma Terunik di Dunia.

Kurma Lombok Utara atau KURMA DATU. Kurma paling unik di Indonesia. Varian kurma baru ini sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Ia tumbuh berbuah lebat dan memiliki tekstur lembut dengan rasa yang tak kalah manis dibandingkan buah kurma dari negara-negara lain di Timur Tengah.

Selain itu, Kurma “Dayan Gunung” ini juga memiliki keunikannya sendiri dibandingkan varietas kurma lainnya yang tumbuh di Indonesia. Jika biasanya di negara penghasil kurma lainnya, kurma berbuah satu tahun sekali mengikuti musimnya. Hanya di Lombok Utara saja, kurma dijumpai mengeluarkan bunga mayang setiap bulan.

foto warga klu sedang panen kurma lombok utara.webp
Warga KLU sedang Panen Kurma

Begitu panen, Kurma sudah memiliki bunga yang bisa dikawinkan lagi. Kurma unik ini lantas diberi nama Kurma Datu Lombok Utara. Nama Datu sendiri diambil dari Bahasa Sasak, bahasa mayoritas suku di Lombok, yang berarti Raja.

Kurma Datu akan segera dipatenkan sebagai satu nama kurma dari ribuan varietas yang ada di dunia. Hal tersebut bahkan telah mendapatkan pengakuan dari Khalifah Internasional Date Palm dan Agriculture World (IDPA) di Indonesia. Sebuah Lembaga asosiasi khusus kurma yang bahkan memiliki Perkumpulan di Dunia.

varietas pertanian baru lombok adalah kurma

Pertama kali dalam sejarah budidaya Kurma di Indonesia, IDPA Indonesia juga panen ‘tamar’, yakni memanen kurma matang langsung dari pohonnya di Lombok Utara. Panen dengan menggunakan teknik ini biasanya mayoritasnya dilakukan di Arab Saudi demi memperoleh rasa dan tekstur yang berkualitas.

Kurma Datu biasa dipasarkan dengan harga berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 360.000 per kilogram. Dalam sekali panen, bisa menghasilkan berat buah pada satu tandannya sebesar 9,9 kg.

Potensi perkebunan Kurma di Lombok Utara memberikan harapan bagi masyarakat untuk terus membubidayakan kurma di seluruh wilayah NTB.

kerjasama arab saudi dengan lombok dalam pengembangbiakan pohon kurma di lombok

Keberhasilan Budidaya Kurma ini direncakan akan terus dikembangkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Dan NTB diharapkan akan menjadi pusat perkebunan kurma di Indonesia.

Jika budidaya Kurma Lombok dapat berhasil, maka banyak sektor UMKM masyarakat yang dapat hidup. Seperti menjadi suplier dan grosir kurma lombok, kemudian Masyarakat juga bisa menjual bibit kurma lombok ke daerah-daerah lain.


Tanya seputar kurma lombok atau Paket Wisata Lombok pada kontak whatsapp di bawah ini: