JASA FOTO

Bukit Merese Lombok Tengah – Paling Hits di Mandalika

Destinasi wisata lombok Bukit merese ketenarannya belum redup juga malah semakin bersinar ketika sirkuit mandalika dibangun dan menjadi tuan rumah perhelatan Moto GP 2022.

Bahkan kabarnya bukit ini nantinya akan dijadikan sebagai padang golf baru berkelas internasional dan dijadikan tribun terbuka untuk menonton pagelaran Moto GP berikutnya.

honeymoon di lombok
Honeymoon di bukit merese lombok

Perkenalan Bukit Merese

Bukit merese adalah sebuah bukit di sekitar kawasan mandalika yang mulai terkenal pada tahun 2014-an silam. Bukit merese kuta lombok bisa menjadi alternatif wisata yang singkat di pulau lombok.

Karena untuk bisa sampai di puncak bukit merese hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menitan saja. Tidak perlu persiapan dan alat pendakian khusus.

Merese Hill Lombok adalah sebutan populer bagi wisatawan mancanegara yang suka bertandang untuk menyaksikan keindahan sekitar pantai mandalika. Kadang mereka juga menyebutnya dengan bukit merese hill, ya.. meskipun sebenarnya bukit dan hill memiliki makna yang sama tapi kita maklumi dan hargai saja namanya juga orang asing.

penampakan bukit merese dari udara
Penampakan bukit merese dari udara

Hal Paling Menarik Dari Bukit Merese

Sebagai orang yang tinggal di luar pulau lombok pastilah akan muncul pertanyaan di dalam hati “layakkah saya mengeluarkan sejumlah uang ( tiket dan hotel ) untuk mengunjungi spot wisata tersebut?”

Kami bisa pastikan layak dan worth it! karena bukit merese memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Panorama alam yang luar biasa. Scroll terus untuk penjelasan lengkapnya.
  • pemandangan indah bahkan dalam perjalanan menuju kesana. Sepanjang perjalanan anda akan menikmati pemandangan yang indah.
  • pemandangan laut, karang, dan pegunungan
  • warga yang ramah
bulan madu di bukit merese lombok
Bulan madu di bukit merese lombok tengah

Sejarah bukit merese

Tentunya sebuah nama tempat memiliki sejarah penamaan sendiri begitu pula dengan bukit merese ini.

Menurut pengakuan warga sekitar, awalnya bukit tersebut biasa dipanggil warga dengan nama merisik yang artinya gundul. Sebab, bukit yang sedang menjadi ikon pariwisata lombok tersebut memang dalam keadaan gundul hanya padang rumput yang tergelar bak permadani..

Di sana hanya ada satu pohon yang hidup di bukit merese namanya pohon galau karena hidup sendiri tanpa pasangan.

Konon katanya pohon itu dulunya ditanam untuk keperluan syuting film.

Pohon tersebut kini menjadi properti foto yang sangat ikonik dan instagramable. Jangan ragu untuk sempatkan diri berfoto di pohon tersebut.

pohon galau di bukit merese
Pohon Galau – Satu-satunya pohon yang ada di atas bukit merese.

Ketinggian bukit merese

Bukit merese lombok berada dalam ketinggian rata-rata 30-50 meter di atas permukaan laut. Sementara ketinggian puncak tertinggi bukit merese berada pada kisaran 55-60 MDPL ( Meter di atas permukaan laut ).

Memang tidak terlalu tinggi oleh sebab itulah bukit ini menjadi spot favorit pecinta soft trekking di lombok. Karena bukit ini bisa didaki oleh hampir semua kelompok usia. Dari anak-anak sampai remaja asal dalam keadaan sehat.

spot paling instagramable di lombok

Lokasi Bukit merese

Secara administratif, Bukit merese terletak di jalan kuta lombok, kecamatan pujut kabupaten lombok tengah, provinsi nusa tenggara barat.

Dan termasuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang didevelop oleh ITDC.

Akses ke bukit merese

Jalan ke bukit merese lombok terbilang cukup mudah dan aman karena jalan menuju bukit merese adalah jalan yang sama untuk menuju pantai tanjung aan.

Jika hotel anda ada di kawasan pantai kuta lombok maka anda bisa mencapai bukit elok ini dalam waktu 10-20 menit saja. Sedangkan dari bandara internasional lombok, bisa menghabiskan waktu 30-40 menit tergantung keadaan lalu lintas.

rute menuju bukit merese lombok

Rute menujut bukit merese

Menuju bukit merese sangatlah mudah dan potensi anda untuk tersesat sangatlah kecil. Terlebih dengan adanya bantuan smartphone dan google maps yang semakin memudahkan anda menavigasi tempat-tempat wisata di lombok.

Jika anda berangkat dari kota mataram ( ibukota provinsi Nusa tenggara barat ), jarak yang akan anda tempuh adalah sekitar 50-60 kilometer saja dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan darat. Paling tidak, dalam waktu 2 jam anda sudah sampai di bukit merese.

Anda akan melewati jalan gajah mada – jalan bypass bandara – Sengkol – kuta lombok – pantai tanjung aan.

Sementara jika anda baru saja landing dari pesawat maka waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat yaitu sekitar 30 sampai 40 menit saja karena jaraknya lebih dekat.

Untuk lebih jelasnya silahkan memanfaatkan fitur navigasi dari google maps anda.

Jam Operasional Bukit Merese

Bukit merese buka kapan saja 24 jam nonstop bahkan jika anda berniat untuk camping sekalipun. Masuk kawasan wisata ini juga tidak ada batasan durasi waktu.

Harga tiket masuk bukit merese lombok

Harga tiket masuk bukit merese lombok ini sangat murah. Hanya dengan membayar biaya parkir dan keamanan motor bukit merese sebesar Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk mobil saja anda sudah bisa mendapatkan akses ke surga dunia.

Bagaimana kalau datangnya rame-rame menggunakan Bus? tenang.. masih murah kok cuma bayar Rp. 15.000 saja.

Aktivitas seru di bukit merese lombok

Namanya juga miniatur surga, hampir segala aktivitas di tempat ini menjadi sangat menyenangkan. Namun jangan lupakan beberapa hal di bawah ini untuk menyempurnakan liburan anda di pulau lombok.

Menikmati birunya laut dan deburan ombak

ISepertinya point ini tidak perlu kami jelaskan bagaimana caranya.

Menikmati keindahan pantai tanjung aan dari bukit merese

Menikmat pantai tanjung aan dari ketinggian memberikan pengalaman dan perspektif yang berbeda dari menikmati pantai tanjung aan dari bibir pantai secara langsung.

Bukit merese sunset

Wow.. merese hill sunset adalah sesuatu yang paling ditunggu di tempat ini. Sunset di bukit merese ini terlihat sangat istimewa. Keistimewaannya tidak bisa kami jelaskan, biarlah foto di bawah ini saja yang menjelaskan.

sunset di bukit merese
Merese Hill Sunset

Camping di bukit merese

Nah.. pecinta camping wajib menjamahi merese hill lombok ini. Sayang sekali jika suasana malam di tempat sebagus ini tidak anda nikmati dengan sebuah tenda.

Piknik

Jarang pikinik memang bisa membuat kita jadi gampang panik. Bukit merese adalah padang rumput luas yang sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik asal pikniknya jangan siang bolong ya..

Bukit merese sunrise

Jika anda camping di bukit merese kami pastikan anda bisa menyaksikan matahari terbit dari samudera hindia. Namun jika anda tidak camping kami sarankan untuk menuju tempat ini pada pukul 5 pagi supaya tidak ketinggalan golden sunrise.

sunrise di bukit merese lombok
Sunrise merese hill lombok

Berfoto dengan gerombolan sapi dan kerbau

Gerombolan sapi dan kerbau di bukit merese adalah salah satu hal paling ikonik di tempat wisata lombok ini. Tapi kalau anda tidak suka selfie berlatar sapi dan kerbau pun tidak apa-apa.

Mengambil Foto Instagramable

Tidak perlu ilmu fotografi dan gear fotografi tingkat dewa karena setiap jepretan di tempat ini hasilnya bisa dipastikan instagramable. Teman-teman kalian yang belum pernah ke tempat ini bisa auto iri jika melihat postinganmu di sosmed.

Foto Prewedding di Bukit Merese

Bukit ini adalah tempat favorit bagi pasangan yang hendak menikah untuk melakukan sesi foto prewedding di lombok. Selain karena indah, Kemudahan dalam mencapai lokasi ini menjadi faktor utama kenapa banyak fotografer dan pasangan baru memilih tempat ini untuk foto prewedding.

kerbau di bukit merese beach

Pantai bukit merese Lombok

Kami sering mendapatkan pertanyaan ” Pantai merese lombok di mana ya? ” kami jawab dengan nada google ” mungkin maksud anda adalah pantai tanjung aan, pantai tanjung bongoq atau hidden beach? “

Pantai tanjung aan bukit merese

Sebelum masuk di gerbang pendakian bukit ini terdapat pantai tanjung aan yang pasir putihnya menyilaukan mata.

Setelah mendaki bukit merese tepatnya di bagian selatan bukit ini pun ada sebuah pantai yang sangat indah airnya bening biru jernih.

bukit merese tanjung aan lombok
Bukit merese tanjung aan lombok

Pantai Tanjung Bongoq atau Hidden Beach

Nama pantai tersebut adalah pantai tanjung bongoq atau bule biasa memanggilnya dengan hidden beach merese hill lombok.

pantai tanjung bongoq bukit merese hidden beach
Pantai tanjung bongoq alias hidden beach bukit merese

Tips Mendaki Bukit Merese

Meskipun tergolong bukit yang ringan dan mudah namun ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang supaya liburanmu di pulau lombok tetap berkualitas.

pantai kuta lombok bukit merese

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika soft trekking di bukit merese lombok ini:

Memilih waktu kunjungan terbaik

Waktu kunjungan terbaik yang kami sarankan adalah pada pagi hari sekitar pukul 7 dan sore sekitar pukul 4. Hindari mengunjungi bukit ini di siang bolong jika anda belum terbiasa dengan sengatan matahari.

Padang rumput bukit merese terlihat sangat hijau apabila dikunjungi pada bulan-bulan september – april karena pada bulan tersebut biasanya adalah musim penghujan.

Jika ingin menikmati suasana yang eksotis dengan padang rumput yang mulai menguning bisa merencanakan kunjungan di antara bulan mei sampai bulan agustus atau tepatnya pada musim kemarau.

Jelajahi semua sisi bukit

Pemilihan waktu yang tepat akan membuat anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplor seluruh sisi bukit merese. Lebih cepat anda datang tentunya lebih banyak keindahan yang dapat dinikmati karena setiap sisi dari bukit ini memiliki keindahan yang khas.

Bawa minuman secukupnya

Soft trekking bukan berarti anda tidak akan butuh minum. Kami tetap menyarankan untuk membawa air secukupnya minimal satu botol tanggung selama eksplor salah satu spot wisata terindah di mandalika ini.

Terutama jika anda berkunjung dari pagi atau siang hari mengingat matahari di sana terasa sangat menyengat karena tidak ada pepohonan untuk berlindung.

Anda pun bisa membawa air kelapa muda yang banyak dijual oleh pedagang di kawasan pantai tanjung aan tepat di depan pintu masuk pendakian.

Membawa pakaian windproof

Bukit merese lombok berhadapan dengan laut lepas samudera hindia yang menjadi titik perbatasan antara indonesia dan australia. Karenanya, hembusan angin di daerah bukit cantik di lombok ini terasa sangat kencang.

Jika anda sering masuk angin kami sarankan untuk memakai baju windproof, suiter, atau jaket untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit.

Menggunakan Sunblock

Jadwal kunjungan yang mepet seringkali memaksa kita untuk mendaki pada siang hari yang terik. Jika memang demikian, sangat disarankan untuk mempersiapkan sunblock atau UV filter bagi yang kurang terbiasa dengan aktivitas outdoor.

bukit merese foto

Jangan gunakan alas kaki yang licin

Bukit ini diselimuti oleh rerumputan. Pemilihan sandal atau sepatu yang kurang tepat bisa mendatangkan risiko terpeleset saat menanjak.

Ini adalah standar keamanan dan keselamatan yang sangat perlu untuk diperhatikan karena di sekitar bukit ini terdapat banyak sekali jurang tinggi yang berhadapan dengan laut dan karang. Hindari juga berjalan di pinggir bukit meskipun menggunakan alas kaki yang proper.

Bawa Kacamata Hitam

Kacamata hitam tidak hanya berfungsi untuk mengaburkan pandangan mata ke arah bule-bule cantik dan sexy. Namun untuk melindungi mata dari silaunya tempat ini di siang hari dan mengurangi paparan Ultra Violet yang dapat mengurangi kesehatan mata.

Jangan Lupa Bawa Kamera atau Smartphone

Bisa dibilang rugi total jika anda datang jauh-jauh ke tempat ini namun tidak sempat mengabadikan momen di tempat yang indah ini terutama jika anda adalah seorang fotografer yang suka jepret landscape dan panorama.

Bagi anda yang bukan hobi foto tak apa jika tidak membawa kamera profesional tetapi jangan sampai lupa membawa smartphone karena tempat ini terlalu indah untuk tidak dijadikan latar berfoto.

Charge Penuh Kamera dan Smartphone

Tanpa disadari anda akan mengambil ratusan gambar bukit merese dengan kamera atau smartphonemu dan itu akan menguras daya bateraimu. Pastikan sebelum berangkat untuk full charge semua gadget anda bila perlu bawa powerbank apabila kapasitas baterai tidak cukup untuk digunakan selama seharian.

Hindari berfoto di pinggir tebing.

Tempat yang indah kadang membuat kita kebablasan. kita terlalu bernafsu mengambil angel foto yang anti mainstream namun secara tidak sadar dan bahkan secara sadar telah meningkatkan resiko kecelakaan.

Kami menyarankan untuk mengambil foto minimal 10-15 meter dari pinggir bukit ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan langkah kaki

Saking indahnya tempat ini seringkali pula membuat kita lupa untuk melihat ke bawah memperhatikan kemana kaki akan melangkah selanjutnya.

Sesekali melihatlah ke bawah supaya kaki anda tidak terjebak hangatnya kotoran kerbau yang biasa kami sebut sebagai ranjau darat.

Perhatikan Sampahmu

Di bukit merese tidak ada tempat sampah, jadi pastikan anda membawa kembali sampah botol minuman atau makanan ringanmu dan buang pada tempatnya di pantai tanjung aan.

pintu masuk bukit merese
Pintu masuk bukit merese mandalika

Fasilitas Wisata Bukit Merese

Bukit merese ini masih dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat sekitar sehingga belum banyak fasilitas wisata yang kita temui di atasnya. Namun, akses fasilitas wisata di pantai tanjung aan yang berada di bawah bukit ini bisa anda andalkan.

gambar bukit merese lombok


Pertanyaan Tentang Bukit Merese Lombok

Ada banyak pertanyaan tentang bukit merese yang diajukan oleh calon wisatawan lokal dan mancanegara. Jika anda ragu untuk datang liburan ke spot wisata ini sendirian, silahkan gunakan Paket Wisata Lombok kami.

Bukit Merese dimana?

Secara administratif, Bukit merese terletak di jalan kuta lombok, kecamatan pujut kabupaten lombok tengah, provinsi nusa tenggara barat.
Dan termasuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang didevelop oleh ITDC.

Apa saja yang perlu dibawa ke bukit merese?

Air Minum, kacamata hitam, sweater atau jaket

Berapa ketinggian bukit merese?

Puncak tertingginya 50 MDPL sedangkan rata-rata ketinggian adalah 35 MDPL

bukit merese mandalika

Share post :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn