CategoriesInfo LombokReferensi Perjalanan

Biaya Hidup di Lombok Bagi Wisatawan dan Perantau

Biaya hidup di Lombok tak setinggi biaya hidup di jakarta atau kota-kota besar lainnya. Dengan penghasilan 5 juta keatas anda sudah bisa menabung dan berwisata di akhir pekan.

Lho.. Emang cukup untuk liburan setiap minggu? hmm… biaya liburan di lombok tak semahal biaya liburan di daerah-daerah lain. Selain harga tiket dan parkir yang sangat terjangkau di setiap destinasi wisata lombok.

Pilihan objek wisata di lombok pun begitu beragam dengan lokasi yang relatif berdekatan. Bayangkan saja, dalam sehari, anda bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan di sembalun, dan dalam jarak waktu 3 jam saja, anda sudah bisa menikmati hembusan angin pantai yang aduhai.

Okay, cukup dulu dari sisi wisatanya, karena hidup bukan hanya tentang wisata kan?

 

bukit merese lombok journey sunset di lombok

Biaya Hidup di Lombok Untuk Perantau

Biaya Tempat Tinggal di lombok

Jika anda seorang perantau atau pindahan, ada begitu banyak pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih menyesuaikan dengan penghasilan. Seperti kos-kosan, rumah susun, kontrakan, atau sekalian saja menyicil rumah subsidi atau pun komersil.

Kos

Harga kos-kosan di lombok, berkisar di angka empat ratus ribu rupiah sampai dengan satu juta rupiah. tergantung dari fasilitas, kamar mandi di dalam atau diluar, dan seberapa dekat dengan kampus-kampus atau pusat bisnis dan pemerintahan.

Sebelum membuat kesepakatan untuk menyewa kosan, perlu anda tanyakan dari awal apakah ada biaya tambahan untuk penggunaan setrika, Magic jar, atau kulkas.

Rumah Susun / Rusunawa

Alternatif kedua adalah rumah susun. Biaya sewa rumah susun ( Rusunawa ) di lombok sangat-sangat terjangkau. Dengan mengeluarkan uang mulai dari seratus ribu rupiah ( Dikutip dari Harian Online ), anda sudah memiliki hunian sementara yang layak. Harga tersebut belum termasuk biaya listrik dan air bersih.

Rumah KPR

Bagi yang punya keinginan untuk menetap atau tinggal di lombok dalam jangka waktu yang lama, jangan ragu untuk mengambil cicilan KPR. Harga Rumah Subsidi di lombok berkisar antara 100-200 juta rupiah. dengan cicilan perbulan antara 900 ribu rupiah sampai 2 juta rupiah.

Namun, tidak ada rumah subsidi di kota mataram. Hanya tersedia di beberapa kabupaten seperti lombok barat, lombok utara, lombok timur, dan lombok tengah. Bagi anda yang akan berencana beraktivitas di kota mataram, tidak ada salahnya mengambil perumahan yang terletak di kabupaten lombok barat. Karena selain posisinya bertetangga, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 10-20 menit saja.

Biaya Makan

Sebenarnya agak susah menjelaskan budget uang makan di lombok. Karena standar makanan baik itu porsi, atau tempat makan yang disukai berbeda-beda. Untuk itu, saya hanya akan membahas harga beras dan harga nasi bungkus saja.

Harga beras di lombok berkisar antara 1o ribu rupiah sampai 20 ribu rupiah Tergantung kualitas. Sedangkan untuk harga nasi bungkus di lombok berkisar dari 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah.

Biaya Transportasi

Tidak ada transportasi umum di lombok khususnya perjalanan dalam kota yang bisa diharapkan ada selama 24 jam untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jadi, anda harus punya kendaraan pribadi entah itu sepeda motor atau mobil.

Untuk perjalanan antar kabupaten, anda punya 2 pilihan. Pertama, angkutan “Engkel” dan DAMRI.

Rute engkel di lombok hanya melayani jalan utama negara. Dari Terminal Mandalika lombok, sampai trayek yang kurang menentu. Jadi, kami kurang menyarankan menggunakan transportasi umum ini untuk orang yang belum berpengalaman di lombok.

Rute Damri di Lombok

ASALTUJUANWAKTU BERANGKATHARGA TIKET
Mataram ( Terminal Mandalika )Santong ( Lombok Utara ) 06:00Rp. 25.000
Santong ( Lombok Utara )Mataram ( Terminal Mandalika ) 13:00:00Rp. 25.000
Mataram ( Terminal Mandalika )Pesugulan ( Lombok Timur )06:30:00Rp. 25.000
MataramBangsal ( Lombok Utara )15.00 – 20.00Rp. 20.000
Bandara Lombok ( Praya )Selong, Lombok TimurSelama Jam PenerbanganRp. 35.000
Bandara Lombok ( Praya )Pantai Senggigi (Lombok Barat)Selama Jam PenerbanganRp 40.000
Bandara Lombok ( Praya )Pusat Kota MataramSelama Jam PenerbanganRp 35.000
Bandara Lombok ( Praya ) EpicentrumSelama Jam PenerbanganRp. 35.000

 

Harga bensin di lombok

Tidak ada perbedaan harga bensin di pulau lombok dengan pulau jawa jika membeli di SPBU. Namun jika membeli di eceran, biasanya ada tambahan 20-30 persen dari harga SPBU.

Jalan Tol

Tidak ada jalan Tol di lombok. Jadi, instrumen ini tidak perlu anda masukkan dalam perhitungan. Anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir Seribu Rupiah untuk roda dua dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Biaya Komunikasi

Biaya komunikasi di lombok sepertinya tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar lain. karena harga pulsa di lombok atau paket data sepertinya seragam secara nasional.

Air Minum Galon

Air minum galon ini sepertinya enteng, tetapi tetap saja perlu dimasukkan dalam instrumen biaya hidup. Karena bagaimanapun juga, ini adalah kebutuhan primer. Harga air galon di lombok berkisar antara 17 ribu rupiah – 25 ribu rupiah tergantung merek. Kalau mau lebih hemat, silahkan gunakan jasa isi ulang galon dengan harga 3 ribu rupiah/galon dan 4-5 ribu rupiah untuk terima di tempat.

 

Pantai Pink Lombok dan Pantai Pink Lakey

Biaya Hidup di Lombok Untuk Wisatawan

Bagi wisatawan lombok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penganggaran. Bagi yang sudah biasa berwisata ke tempat lain, bisa saja biaya wisata ke lombok jauh berbeda.

Hotel / Homestay

Tarif Hotel di lombok bervariasi. Anda bisa mendapatkan homestay yang layak mulai dengan harga Rp. 150.000 / Malam sampai hotel atau resort bintang lima dengan harga 5 juta rupiah ke atas/ malam.

Sewa Mobil / Motor

Biaya sewa mobil di lombok Perharinya ada di kisaran Rp. 700 ribu sampai 1 juta rupiah per hari. Sedangkan untuk sewa motor di lombok, dari kisaran 50 ribu sampai 100 ribu perhari.

Transportasi Antar Pulau

Lombok memiliki destinasi wisata berupa pulau-pulau kecil yang indah Seperti gili trawangan, gili meno, gili air, gili kedis, gili nanggu, dll. Jadi wajib hukumnya untuk menganggarkan biaya ini.

Harga tiket penyeberangan umum dari bangsal ke gili trawangan adalah Rp. 15.000/ orang. Sedangkan Harga tiket Fastboat Lombok ke gili trawangan adalah Rp. 100.000 / orang.

Tiket Masuk Kawasan Wisata

Tiket masuk kawasan wisata di lombok tidak ada yang terlalu mahal. Mulai dari 5 ribu rupiah – 150.000 rupiah per orangnya. Angka rata-rata ada di Rp. 15.000

Peralatan Diving / Snorkeling dan Masih Banyak Lagi.

Kalau sudah ke lombok, masak hanya diam di pantai? Yakin gak mau menikmati keindahan bawah laut?

Biaya untuk peralatan selam dan snorkeling ini sepertinya tidak bisa kami jelaskan secara rinci disini. Jika anda masih penasaran atau tidak mau pusing memikirkan anggaran untuk wisata di lombok anda, maka anda bisa biarkan kami saja yang pusing mengurusnya.

Anda cukup duduk manis sambil memilih Paket Wisata Lombok  atau Paket Trekking Gunung Rinjani yang sudah kami sediakan.

Snorkeling di gili trawangan lombok

CategoriesInfo LombokReferensi Perjalanan

Pelabuhan Lombok Yang Paling Wajib Diketahui

Pelabuhan Lombok adalah informasi yang wajib anda cari dan ketahui selama liburan di lombok tanpa menggunakan tour guide. Namun, jika anda punya tour guide yang siap memandu, tidak ada salahnya menyimpan informasi bermanfaat ini untuk memperkaya pengetahuan jika anda butuh di lain waktu.

Menurut Wikipedia, Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang antar pulau, negara, bahkan dunia.

Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal. Kita sebagai orang awam biasa menyebut pelabuhan sebagai dermaga. Padahal, dermaga itu sendiri adalah salah satu instrumen dari pelabuhan.

kapal pesiar terbesar di dunia

Pelabuhan Lombok Untuk Penyeberangan Feri dan Legundi

Salah satu infrastruktur yang wajib dimiliki suatu daerah adalah Pelabuhan yang bisa dilabuhi oleh kapal penumpang seperti feri dan legundi. Pulau Lombok   memiliki dua buah pelabuhan aktif yang digunakan sebagai penghubung antar pulau dan provinsi.

Pelabuhan lembar lombok

Pelabuhan Bali Lombok atau Lembar  diambil dari nama tempat ia berada, Lembar Kabupaten Lombok Barat. Merupakan pelabuhan utama pulau lombok yang berfungsi menghubungkan antara pulau lombok dengan pulau bali ( Pelabuhan Padang Bai ). Penyeberangan bali ke lombok atau sebaliknya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5-7 jam tergantung kondisi cuaca, ombak, dan jumlah antrian kapal yang hendak bersandar.

Pelabuhan lembar ini ternyata bisa juga menghubungkan pulau lombok dengan surabaya melalui legundi. Perjalanan Legundi Lombok Surabaya dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 jam pelayaran. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan perjalanan darat yang bisa memakan waktu 48 jam lebih.

Pelabuhan ini terletak di sebuah teluk yang airnya sangat tenang. Selain itu, pemandangan yang disajikan juga luar biasa.

Jadi, usahakan jika berpergian dari dan ke pelabuhan lembar ini supaya memilih waktu pagi atau siang hari. Kalau memilih malam hari sepertinya agak rugi karena tidak bisa menikmati pemandangan alam di sekitar pelabuhan lembar.

Jika terpaksa berpergian di malam hari pun, tak perlu kuatir karena Saat ini pelabuhan Lembar telah dilengkapi dengan loket layanan 24 jam, mushola dan ruang tunggu untuk kendaraan yang akan menyeberang.

Pelabuhan kayangan Lombok

Di ujung timur pulau lombok ada Pelabuhan Kayangan. Seperti pelabuhan lembar, nama Kayangan juga diambil dari nama tempat ia dibangun. Pelabuhan Kayangan Lombok ini merupakan pelabuhan yang terhubung dengan pelabuhan poto tano sumbawa dan Pelabuhan Badas yang terletak di pulau sumbawa juga.

cewek sexy di kapal pesiar termewah di dunia

Pelabuhan Kapal Pesiar di Lombok

Selain untuk kapal feri dan legundi, ternyata pelabuhan lembar kerap kali digunakan kapal pesiar untuk berlabuh. Pelabuhan-pelabuhan lain seperti yang ada di senggigi dan gili trawangan, senggigi, gili air, atau bangsal sepertinya belum siap untuk dilabuhi kapal-kapal pesiar bintang lima berukuran besar.

Menurut info terbaru, Pelabuhan GIli Mas Sekotong Lombok barat akan dimanfaatkan sebagai pelabuhan kapal pesiar kelas dunia.

 

pantai ampenan terkini

Pelabuhan Lombok Paling Bersejarah

Ada beberapa pelabuhan di lombok yang ternyata pernah menjadi saksi sejarah peradaban di pulau lombok.

Pelabuhan Ampenan

Pada zaman kolonial Belanda, Ampenan menjadi kota pelabuhan utama. Pelabuhan Ampenan yang terletak di Pantai Ampenan tersebut mulai dikembangkan sejak tahun 1800 dan menjadi pusat perdagangan di Lombok pada tahun 1948-1950.

Sebagaimana kota-kota perdagangan lainnya, ada banyak suku dan etnis yang mendiami wilayah sekitar pelabuhan. Ada bangsa Melayu, Arab, Tionghoa, Bugis, Jawa, dan lain-lain.

Sayangnya posisi pelabuhan yang terlalu terbuka dengan hempasan ombak besar laut selat lombok, Membuatnya harus ditutup pada tahun 1970. Pelabuhan utama lombok akhirnya dipindahkan ke pelabuhan lembar.

Jika anda berlibur ke lombok, sempatkanlah diri untuk rehat sejenak di sekitar pantai ampenan dimana pelabuhan ini berada dulunya. Anda masih bisa menyaksikan sisa puing-puing pelabuhan peninggalan zaman belanda.

Pelabuhan Carik

Lombok Utara memiliki situs bersejarah berupa pelabuhan. Bahkan beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa pelabuhan ini adalah pelabuhan pertama di tanah lombok. Saat ini pelabuhan carik yang berdiri di desa Anyar Kecamatan Bayan itu dimanfaatkan sebagai pelabuhan barang antar daerah.

Labuan Haji

Pada zaman Belanda dan Jepang, masyarakat Lombok memanfaatkan pelabuhan ini sebagai starting point untuk perjalanan haji ke tanah suci mekkah. Itulah sejarah kenapa disebut Labuan Haji.

Disamping itu, tempat ini berfungsi pula sebagai pintu masuk para pedagang keturunan Cina ke wilayah Lombok. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat  sebagian bangunan dan perumahan tua yang ada disekitarnya yang mengadopsi arsitektur khas Cina.

Beberapa lokasi pemakaman untuk warga keturunan Cina juga dapat ditemukan di daerah Penede Gandor, sekira 500 meter dari pelabuhan.

Selain terkenal dengan sejarahnya, labuhan haji juga terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit.

 

pelabuhan barang gili mas lombok

Pelabuhan Kapal Barang di Lombok

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, setiap pulau idealnya memiliki beberapa pelabuhan untuk keperluan forwarding barang.

Pelabuhan Gili mas

Gili mas adalah pelabuhan barang terbaru dan terbesar di lombok. Dermaga sepanjang 400 meter siap disandari berbagai ukuran kapal. Bahkan kapal pesiar  Sun Princess dengan panjang  261 meter, lebar 32 meter, yang membawa 1.988 penumpang dan 862 crew pun ditantangnya.

Selain Gili Mas, pelabuhan Carik dan Labuhan Haji yang sudah kami terangkan sebelumnya juga aktif digunakan sebagai pelabuhan barang antar daerah.

 

snorkeling di gili trawangan

Pelabuhan Untuk Kapal Wisata di Lombok

Sebagai daerah wisata favorit, akses menuju pulau-pulau kecil tentunya harus tersedia dan banyak pilihan.

Pelabuhan Bangsal Lombok Utara

Bangsal merupakan pelabuhan wisata dengan aktivitas tertinggi di lombok. Melayani penyeberangan menuju salah satu destinasi wisata paling terkenal di Lombok Utara : Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Pelabuhan Senggigi Lombok Barat

Meski tidak banyak yang tahu, ternyata untuk ke Gili Trawangan dan Bali dengan Speedboat atau kapal pesiar mini. Lokasi pelabuhan ini cukup strategis, yakni di pantai senggigi yang indah.

Pelabuhan Tawun Lombok Barat

Tak mau kalah dengan Lombok Utara, ternyata Kabupaten Lombok Barat pun menyimpan keindahan pulau-pulau kecil. Salah satu yang paling populer adalah Gili Kedis, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Nanggu, Gili Asahan, dan Masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi gili-gili tersebut dengan mencarter sebuah kapal wisata di pelabuhan Tawun ini.

Pelabuhan Gili Lampu Lombok Timur

Sepertinya pulau Lombok dikelilingi oleh keindahan pulau-pulau kecil dengan kecantikan karang dan biota lautnya. Di sisi timur, ada beberapa pulau andalan yaitu: Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Petagan, Gili Sulat, dan Gili Kapal. Dermaga gili lampu di kecamatan sambelia ini adalah pintu untuk menuju tempat-tempat indah tersebut.

Sebenarnya masih ada banyak lagi Pelabuhan di Lombok yang bisa dijadikan alternatif  penyeberangan ke gili-gili, diantaranya pelabuhan teluk nare, kecinan, dll.

Semoga artikel tentang pelabuhan yang ada di pulau lombok ini dapat membantu perjalanan wisata anda di pulau lombok. Jika butuh bantuan, jangan khawatir untuk menghubungi kami.

Pelabuhan Tanjung Luar

Mengunjungi Pantai Pink Lombok  bisa diakses dari darat atau laut. Kenapa banyak orang yang memilih lewat jalur laut? karena lebih banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Seperti gili Petelu, GIli Bembek, Gili Sunut, dll. Ditengah perjalanan pun, bisa diselingi dengan aktivitas snorkeling. Pastikan anda mencari daerah Tanjung Luar di google maps jika anda ingin ke Pantai Pink lewat jalur laut.

 

Salam Wisata dari Lombok Journey

perahu glass bottom gili trawangan lombok

CategoriesReferensi Perjalanan

Open Trip Gunung Rinjani 2019, 2 Hari 1 Malam

 

Open Trip Pendakian Gunung Rinjani 2019 2 Hari 1 Malam (Hanya sampai pelawangan sembalun, Belum diizinkan untuk ke puncak rinjani)

Schedule:
04-09 Agustus 2016

Service Fee : IDR 1.000.000/Pax ( diskon 10% jika booking sebelum bulan agustus) | Pembayaran DP cukup 50% via Bank Transfer, Western Union, atau Paypal.

Service sudah Termasuk:

Guide & Porter Trekking Berpengalaman
Home Stay di Sembalun
Perlengkapan Camping (Tenda, Sleeping Bag, nesting, Dll.)
Makanan bernutrisi tinggi
Transport darat (Antar-Jemput Bandara)
Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Rinjani
Foto Dokumentasi
Meeting Point: Lombok International Airport (LIA)

Untuk Informasi Lebih Lengkap:
SMS/WA/LINE :+6282211999323
Email                   : info@lombokjourney.com
Instagram           : @lombokjourney

CategoriesBukit CantikDestinasi Wisata di LombokReferensi Perjalanan

Jelajah Pulau Lombok 2 hari bisa explore aja?

Lombok itu Kecil, Tapi keindahannya Kompleks!

Seringkali saya mendapat pertanyaan seperti ini dari para traveler yang ingin berkunjung ke lombok: “Dua hari cukup gak sih buat traveling ke lombok?” “dua hari bisa kunjungin tempat apa saja?”. Berhubung saya adalah orang sasak tulen(kata mereka), maka saya merasa punya kewajiban untuk menjawab semua pertanyaan ini.

Perlu anda ketahui, bahwa pulau lombok adalah pulau kecil, namun komposisinya kompleks. mau cari terumbu karang, pasir putih, laut biru, air  terjun, gunung berapi, danau, bukit-bukit cantik, semua tersedia. oleh karena itu, menikmati keindahan alam lombok selama dua hari bisa maksimal. walaupun kita gak bisa explore semua kecantikan lombok yang gak ada habisnya ini. minimal anda punya kenangan di tempat-tempat favorit.

Sebelum traveling ke lombok, pastikan anda sudah mencarter transportasi pribadi karena di lombok tidak ada transportasi umum yang bisa menjangkau semua daerah wisata. anda bisa memesan transportasi pribadi lombok disini!

Wisata Budaya Dulu!

Hari pertama begitu sampai bandara internasional lombok, mintalah driver anda untuk mengunjungi desa sade atau desa ende. kedua desa ini adalah desa yang masih menjaga teguh adat-istiadat dan kearifan lokal suku sasak asli. anda punya dua pilihan pertama desa ende, desa ini tidak terlalu ramai dan lebih natural, atau desa sade yang sudah ramai dengan wisatawan setiap waktunya. atau anda ingin mengunjungi keduanya juga gak masalah.

desa sade lombok liburan di lombok
Photo By Fotografer Lombok

Saya anggap sobat traveler sudah selesai menengok bagaimana kehidupan orang sasak(suku asli penghuni pulau lombok) pada masa lampau di desa sade atau desa ende. sekarang kita segera move on ke pantai, horraii!
Kalau bicara pantai, di lombok gak bisa dihitung jumlahnya. ada yang pasirnya putih seperti tepung, ada yang pasirnya seperti merica, bahkan ada pula pantai yang pasirnya berwarna pink.

Wisata Pantai Lombok

Pantai yang dekat dengan desa sade adalah pantai kuta lombok, bukan pantai kuta bali lho ya..
Pantai kuta lombok ini adalah pantai berpasir putih yang berbentuk merica. unik banget ya? tapi jauh-jauh ke pantai kuta jangan hanya untuk ngeliat pasir dong ya! pemandangan di pantai kuta cukup menawan. Mulai lapar? Perfect timing! di pantai banyak resto dengan harga bersahabat kok..

Pantai Kuta Lombok Traveling di lombok murah
Photo Pantai Kuta Lombok oleh Fotografer Lombok

Sobat traveler sudah kenyang kan? jangan langsung tidur, gak baik buat kesehatan. ayo kita lanjut ke pantai seger! lokasinya gak jauh dari pantai kuta, hanya beberapa kilometer. Pantai Seger ini pasirnya tidak jauh berbeda dengan pantai kuta, putih dan berbentuk merica.
Trus.. kalau sama kenapa kami diajak kemari? pasti sobat traveler nanya begitu kan? hayo ngaku!
Pasir boleh sama, tapi view pasti beda lah.. di pantai seger ini terdapat beberapa bukit indah yang bisa didaki. dari atasnya bisa melihat view yang oke.

pantai seger lombok traveling di lombok murah
Photo Pantai Seger
Ingat Sampahnya dibuang ya.. kalau sudah dibuang, bisa lanjutkan perjalanan ke pantai tanjung ann.
Sobat traveler yang mau traveling ke pantai ann saya sarankan untuk memakai kacamata hitam. karena saking putihnya, pasir pantai tanjung ann bisa bikin sobat traveler silau. gak percaya? buktiin aja sendiri.

pantai tanjung ann lombok traveling di lombok murah

Di pantai tanjung ann ini ada sebuah bukit yang bernama bukit merese. bukit ini sangat populer akhir-akhir ini berkat anak-anak gahol yang suka berpose disini untuk diupload di facebook dan instagram. kata temenku sih bukit ini mirip di new zealand sono, walaupun dia sendiri belum pernah ke new zealand tapi saya percaya 100% *sempat cek di google images dan emang mirip banget.

bukit merese lombok traveling di lombok murah


Kalo kamu suka sunset, bukit merese adalah tempat yang kami rekomendasikan, 8 dari 10 bintang lah.. cantik banget! gak heran kalau ada penyanyi terkenal yang bikin video klipnya disini. Kalau matahari sudah tenggelam maka sudah waktunya bertolak ke mataram, cari ayam taliwang (kuliner khas lombok), lalu check in hotel dan Bruuuuuk! Tidur nyenyak zzzzz.

Wisata Air Terjun

Selamat Pagi! ke air terjun yuk!
Tau gak sih? di lombok, sobat traveler bisa menjumpai banyak sekali air terjun. ada ratusan air terjun yang terdata. tapi berhubung sobat gak punya banyak waktu disini, maka kita cukup kunjungi air terjun saja. oke, hayoo joss! gak perlu mandi, nanti aja sekalian di air terjun!

monyet di hutan pusuk lombok traveling di lombok murahmonyet di hutan pusuk lombok traveling di lombok murah

sebelum sampai air terjun sobat usahain singgah di Hutan Pusuk. Di tempat ini anda bisa bersedekah pada monyet-monyet berukuran imut. sedekahnya bisa dengan kacang dan pisang tentunya.

air terjun tiu kelep senaru lombok traveling di lombok murah
Photo Air Terjun Tiu Kelep Senaru oleh Lombok Journey
air terjun sendang gile senaru lombok traveling di lombok murah
Photo air terjun sendang gile senaru oleh Lombok Journey

Perjalanan ke air terjun bisa makan waktu 2,5 jam. nama air terjunnya kami sembunyikan dulu biar penasaran. Untuk menghapus rasa penasaran, silahkan sobat gunakan waktu 2,5 jam tersebut untuk tidur di mobil.
Waktu terasa begitu cepat untuk sobat yang tidur, tapi tidak untuk pak sopir. Taraaa! kita sudah sampai di desa senaru. Di desa ini ada dua buah air terjun eksotis yang aliran airnya mengalir sampai jauh *bukan iklan produk pipa.

air terjun pertama beranama air terjun sendang gile dan yang kedua bernama air terjun tiu kelep. pastikan sobat mengunjungi kedua air terjun ini dan ingat pagi ini anda belum mandi. So.. Mandilah!

Airnya sangat sejuk (Sejuk=dingin dalam bahasa malaysia) tapi anda tak perlu handuk. sebab, anak-anak tangga waktu perjalanan kembali akan membantu sobat menghangatkan badan. Bagaimana? Sehat? langsung langsing!
Sobat, ini hari kedua lho.. harus segera meluncur ke bandara. tapi kita lewat senggigi ya sambil explore beberapa pantai seperti pantai tebing, pantai nipah, pantai pandanan, pantai malimbu, villa hantu, dll.

Jadi, begitulah cara memaksimalkan liburan di lombok selama 2 hari.

CategoriesDestinasi Wisata di LombokReferensi Perjalanan

Pernah Berpayung Dengan Batu? Hanya di Batu Payung, Lombok.

batu payung

Setelah Bali, Lombok merupakan salah tujuan terkenal selanjutnya, baik itu untuk wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Pulau kecil ini biasa juga disebut dengan sebutan pulau seribu masjid dan kadang-kadang juga dipanggil sebagai pulau dengan ribuan pantai. Yup, Lombok dapat menjadi liburan alternatif untuk mereka yang ingin liburan di pantai. Akan ada banyak tempat yang dapat Anda jelajahi di Lombok, gili di Lombok atau pulau kecil yang mengelilingi pulau Lombok sebagai pulau utama akan menjadi tujuan yang sempurna untuk mereka yang suka traveling.

Di Lombok Tengah, di bagian selatan, ada Pantai Batu Payung. Dua tahun sebelumnya, pantai ini tidak terlalu terkenal tapi kemudian sebuah iklan menggunakan pantai ini sebagai lokasinya dan membuat pantai ini tiba-tiba menjadi terkenal yang kemudian menjadikannya sebagai tujuan alternatif wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Untuk mencapai Batu Payung sendiri sangatlah mudah, dari Mataram Anda hanya perlu berkendara selama satu setengah jam. Jika Anda dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya perlu berkendara selama 45 menit. Tepatnya, pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Tanjung Aan, kira-kira satu kilometer sebelah timur. Tidak butuh waktu yang lama untuk sampai ke pantai itu. Lokasi Pantai Batu Payung terletak diantara tebing-tebing, itu lah mengapa pantai ini sering disebut sebagai surga yang tersembunyi.

Ada dua alternatif jalan yang dapat Anda pilih untuk menikmati perjalanan. Pertama, Anda bisa berjalan melalui garis pantai atau Anda juga bisa memilih untuk mengendarai kapal cepat dari tanjung Aan. Jika Anda memilih untuk berjalan, Anda bisa memarkir mobil atau motor pribadi Anda didekat rumah warga setempat, bahkan mungkin warga juga akan menawarkan Anda pemandu yang akan memandu Anda sambil berjalan. Betapa sempurnanya liburan ke Pantai Batu Payung, Lombok, untuk liburan bersama keluarga.

Setelah Anda memarkirkan kendaraan, berjalanlah ke arah barat sekitar satu kilometer. Jika ombaknya terlalu besar, maka sebaiknya Anda naik ke atas bukitnya. Dari bukit tersebut, wisatawan dapat melihat pemandangan sekeliling pulau ini yang sangat menakjubkan. Jika Anda pergi ke pantai ini sekitar pukul sepuluh pagi, Anda lebih baik naik ke bukitnya karena ombaknya masih cukup besar.

Namun jika Anda pergi ke Pantai ini sekitar pukul satu siang, Anda dapat berjalan disepanjang garis pantai dengan santai karena ombak di pantai ini relatif sudah cukup tenang. Namun, tetap lah berhati-hati karena di sepanjang pesisir pantai mungkin ada batu-batu kecil yang cukup tajam. Jangan lupa untuk mengabadikan foto Batu Payung itu sendiri. Awalnya batu itu dulu adalah sebuah bukit, namun dikarenakan abrasi, bentuk bukit itu menjadi mengecil.

CategoriesReferensi Perjalanan

Pantai Mawun: Pantai Dengan Keindahan yang Luar Biasa di Lombok Tengah

Anda mencari tempat yang sempurna untuk liburan nanti? Ingin menjelajahi sebuah surga tersembunyi di Lombok Tengah? Pantai-pantai yang indah dapat dengan mudah ditemukan di Lombok, tapi jika Anda ingin mengunjungi sebuah pantai yang luar biasa, Pantai Mawun di desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah adalah tujuan yang sempurna. Mengunjungi pantai ini tidak hanya membuat Anda menikmati angin laut yang segar namun juga pemandangan indah dari tempat yang belum pernah dijelajahi.

Anda dapat duduk di pantai dan membiarkan angin laut bertiup ke rambut dan kulit Anda sambil menyaksikan betapa indahnya ombak yang berdeburan di pasir.
Baik sedang berlibur dengan pasangan atau berlibur dengan keluarga, Anda akan menyukai pantai ini karena Anda akan selalu dapat menemukan aktifitas yang sempurna. Anda bisa berenang, bermain pasir, bermain sepak bola, berjemur, berfoto atau sekedar beristirahat dengan keluarga, teman atau orang yang Anda cintai di berugaq. Berugaq sendiri adalah salah satu bangunan khas suku Sasak di Lombok. Sebuah bangunan terbuka yang dibuat terpisah dari rumah tradisional di Lombok yang biasanya digunakan untuk menerima tamu. Di Pantai Mawun di Lombok ada beberapa berugaq yang dapat digunakan oleh Anda bersama teman atau keluarga selesai berenang atau aktifitas lain.

Yang perlu Anda ingat sebelum berenang di pantai ini, berhati-hatilah dalam memilih tempat. Anda lebih baik berenang di sebelah kiri pantai karena ombaknya lebih tenang. Karena keindahannya, banyak orang yang menjadikan Pantai Mawun sebagai lokasi untuk berfoto untuk momen-momen special seperti pre-wedding.
Untuk mencapai Pantai Mawun tidak terlalu sulit karena kondisi jalan menuju pantai ini cukup bagus. Untuk kesana, Anda dapat menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan taksi atau menyewa mobil. Anda juga bisa mengendarai motor atau mobil pribadi tanpa takut untuk tersesat, ada banyak tanda jalan yang akan menginformasikan arah untuk mencapai pantai. Selama perjalanan, Anda tidak akan pernah merasa bosan karena Anda juga bisa melihat pemandangan yang sangat indah selama perjalanan. Waktu yang dibutuhkan dari Mataram ke Pantai Mawun sekitar 2 jam. Namun, jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya perlu 45 menit untuk sampai ke Pantai Mawun.

CategoriesDestinasi Wisata di LombokPantai di LombokReferensi Perjalanan

Pantai Pink, Pantai Tangsi. Pantai dengan Pasir Merah Muda di Lombok Timur.

Anda pasti cukup familiar dengan pantai berpasir putih atau hitam, tapi pernahkah Anda melihat pantai berpasir merah muda? Jika Anda belum pernah melihat pantai dengan pasir merah muda sekalipun, Anda perlu berkunjung ke Indonesia. Ada dua buah pantai di Indonesia yang memiliki pasir dengan warna merah muda; Pantai Pink di Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur dan Pantai Tangsi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini menjadi lebih populer belakangan ini dikarenakan keunikan dan alamnya yang indah. Pantai Tangsi di Lombok Timur ini sekarang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

Dikarenakan pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda, Pantai Tangsi lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink. Pasirnya yang berwarna merah muda ini tercipta dari pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang berwarna merdah muda, yang kemudian menjadi hal yang paling menarik dari pantai ini. Jika Anda melihat ke arah pantai, Anda akan melihat betapa indahnya pasir yang dimiliki. Ketika air laut yang bening seperti kristal berpadu dengan pasir merah muda, akan tercipta keindahan yang sangat sempurna. Tidak peduli jika Anda berlibur dengan keluarga atau mungkin berlibur sendiri, Anda akan terkesima oleh keindahan pantai ini.

Namun bukan hanya pasirnya yang merah muda yang bisa Anda nikmati saat berada di Pantai Pink. Tebing yang mengelilingi pantai menyediakan keindahan yang luar biasa. Jika Anda pergi ke puncak tebing, Anda akan melihat keindahan alam yang masih sangat alami, Anda juga dapat merasakan hembusan udara laut yang segar dan menikmati irama dari ombak. Pantai Pink memiliki laut yang tenang jadi Anda bisa berenang di lautan yang airnya sebening kristal dengan lingkungan yang sangat damai. Jangan hanya menikmati keindahan pantainya yang luar biasa, coba nikmati keindahan alam bawah lautnya dengan melakukan snorkeling. Tidak semua pantai merupakan tujuan yang sempurna untuk snorkeling, dan Pantai Pink adalah salah satu tujuan snorkeling yang sempurna di dunia!

Untuk pergi ke Pantai Pink dari Mataram, memakan waktu sekitar 2 jam. Anda juga bisa mencapai Pantai Pink dengan menggunakan perahu memancing dari pelabuhan tanjung luar. Pelabuhan ini sebenarnya menghubungkan Pantai Pink dengan pulau-pulau disekitanya, termasuk Pulau Maringkik. Pelabuhan itu juga merupakan pusat pelelangan ikan terbesar di Lombok. Perlu waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Pantai Pink dari pelabuhan. Namun, meski begitu, Anda berkesempatan untuk melihat pemandangan yang sangat indah selama perjalan, Anda tidak akan merasa bosan. Alih-alih, Anda akan merasa sangat senang saat melihat betapa indahnya pulau-pulau yang ada.

CategoriesBukit CantikDestinasi Wisata di LombokReferensi Perjalanan

Bukit Tunaq , Makin Jauh Makin Nikmat

Tidak hanya memiliki pantai yang indah dengan pemandangan bawah air yang luar biasa tapi Anda juga dapat menikmati wisata pegunungan di Pulau Lombok. Bukit Tunaq di Lombok menyediakan keduanya, pemandangan laut yang luar biasa yang bisa dinikmati dari puncak bukit dan juga wisata pegunungan yang menawan. Dari puncak bukit Tunaq, Anda dapat menikamati laut selatan dan debur ombak yang menghantam tebing bukit.

1. Lokasinya
Bukit Tunaq berlokasi di desa Mertak, Lombok Tengah. Untuk mencapai bukit Tunaq, Anda perlu menempuh jarak sekitar enam puluh lima sampai tujuh puluh kilometer dari mataram atau memakan waktu sekitar satu setengah hingga dua jam. Dari Bandara Internasional Lombok, bukit Tunaq dapat dicapai hanya dalam satu jam. Transportasi utama untuk mencapai bukit Tunaq ialah dengan mobil atau motor pribadi.

2. Hal yang wajib dilakukan
Bukit Tunaq adalah kombinasi dari pariwisata laut dan pegunungan. Anda dapat melakukan banyak hal ketika berada di bukit Tunaq ini. Bukit Tunaq ini sebenarnya merupakan kumpulan gunung dan bukit dan juga beberapa lembah.Ada sekitar sembilan pantai yang dapat Anda jelajahi bersama dengan beberapa hutan kecil dan tebing yang dapat didaki. Bukit dan pantainya masih sangat alami jadi Anda tidak akan banyak menemukan fasilitas modern disana. Adapun, bukit Tunaq berada dalam pengembangan pemerintah daerah untuk menciptakan daerah wisata alami agar keindahan alami dari bukit ini dapat dilestarikan.

Anda dapat berenang di lautnya atau sekedar piknik di salah satu bukit yang indah di bukit Tunaq. Anda juga dapat menjelajahi hutan kecil atau bukit di bukit Tunaq ini dan untuk Anda yang tertarik pada hewan, Anda memiliki kesempatan untuk melihat sekilas hewan purba unik yang berasal dari Lombok. Anda juga dapat berkemah di bukit dan menikmati malam sambil memancing di laut. Yang perlu Anda perhatikan, bahwa disana tidak ada satu pun kios makanan atau tempat pengisian bensin. untuk itu Anda harus memastikan bahwa tanki kendaraan Anda penuh dan kendaraan Anda berada dalam keadaan prima.

CategoriesReferensi Perjalanan

Lakukan ini di Lombok atau Kecewa seumur hidup!

Berencana untuk mengunjungi Lombok liburan ini? Ide yang semerlang! Anda akan merasakan sensasi luar biasa selama liburan dengan mengunjungi Lombok. Untuk itu Anda tidak boleh melewatkan hal-hal berikut ini yang hanya abisa Anda dapatkan ketika berada di Lombok.

Mengunjungi Pantai

Hal pertama dan hal yang paling penting untuk dilakukan saat berada di Lombok adalah mengunjungi pantainya. Lima pantai terbaik di Lombok yaitu Selong Belanak, Tanjung Aan, Mawun, Sire Beach dan Gili Meno dapat menjadi pilihan Anda. Semua pantai-pantai ini memiliki pemandangan laut yang sempurna dengan pasir putih yang lembut dan matahari terbit yang sangat cantik. Misalnya di Gili Meno, Anda dapat menghabiskan sepanjang hari dengan berbaring di pantai sambil menikmati pemandangan laut.

Semua tujuan wisata ini berada di tempat yang cukup terkenal, jadi Anda dapat dengan mudah menemukannya. Selong Belanak salah satunya, dapat Anda kunjungi hanya dengan menggunakan motor dari beberapa hotel di sana. Dan untuk Anda yang ingin mendapatkan petualangan lebih, Pantai Pink dapat menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi. Meski terletak di daerah yang sangat terpencil dimana Anda harus melalui perjalanan yang cukup menantang untuk mencapai pantainya, semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan. Pantai tersebut diberi nama pantai Pink karena warna pasir yang ada di pantai itu. Dapat Anda bayangkan? Pasirnya berwarna merah muda! Karang yang berpadu dengan pasir putih lembut yang membuat warna pink diseluruh pasir di pantai ini.

Trekking Gunung Rinjani

Selain mengunjungi pantainya, Anda juga harus menikmati momen hiking di gunung rinjani atau mungkin mendaki gunung rinjani bagi pecinta petualangan. Gunung Rinjani dikenal sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Lombok. Sebagian orang mendaki gunung Rinjani untuk mencapai puncaknya dimana mereka dapat menikmati sebuah danau luas yang disebut Segara Anak dan puncak vulkanik dari gunung Rinjani. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa mendaki gunung! Anda tetap dapat menikmati keindahan gunung ini dari desa sekitarnya seperti Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang. Dua desa ini sebenarnya adalah titik awal untuk mendaki gunung Rinjani.  Habiskan satu atau dua hari di home stay dan berjalan-jalanlah disekitar gunung sambil menikmati kebun sayuran dan udara tropis yang segara. Ingat untuk membawa Jaket! Kadang-kadang udara bisa menjadi sangat dingin.

Menjelajahi laut dan desa

Hal terakhir yang masih tetap harus Anda lakukan ketika berada di Lombok adalah menjelajahi laut dan desa di sana. Anda harus mencoba menyelam! Dapat Anda bayangkan sekitar 15-30 meter di bawah air Anda sudah mendapatkan pemandangan bawah laut terbaik. Dan untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang budaya, Anda harus mengunjungi desa-desa dan pasar seni. Cukup dengan mengayuh sepeda dan Anda akan merasakan sensasi liburan yang luar biasa.

CategoriesReferensi Perjalanan

Gili Trawangan Mari Berpesta

Salah satu tempat paling popular untuk dikunjungi selama berlibur di lombok adalah Gili Trawangan. Orang-orang sering menyebut Gili Trawangan sebagai pulau pesta. julukan pulau pesta ini memang pantas dan tidak berlebihan. Karena begitu matahari tenggelam, telinga pun akan langsung dicecoki alunan nada bernuansa pesta. Anda hanya butuh 10 menit untuk sampai di Gili Trawangan menggunakan Speed Boat dari pelabuhan Bangsal.

Mari Mulai Berpesta!

Lupakan tentang hotel dengan tarif mahal! Gili Trawangan tidak dikhususkan hanya untuk orang-orang kaya saja. Trawangan  menyediakan harga terbaik untuk backpacker, Intinya semua orang bisa menikmati Gili Trawangan. Untuk menghabiskan satu malam di sana, anda tak perlu menyiapkan uang yang cukup banyak. Di Gili Trawangan anda bisa menikmati laut biru dan pasir putih. Berhubung Gili Trawangan adalah pulau kecil, maka anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar untuk kebutuhan transportasi. cukup dengan  berjalan kaki atau mengayuh sepeda saja untuk bisa berada di seluruh spot-spot indah di Gili Trawangan. Tempat terbaik di Gili Trawangan adalah di sisi timur, disitu anda bisa menemukan klub dan bar dengan mudah. Sekali lagi, Mari mulai berpesta!

Penginapan Mewah

bagi anda yang menyiapkan dana liburan lebih dan berniat untuk tinggal di beberapa hotel mewah dengan pelayanan memuaskan, anda harus mencoba bagian timur gili trawangan. di sana terdapat beberapa hotel dan home stay dengan fasilitas kelas eksekutif, wifi, dan bahkan pemandangan laut. seperti vila ombak hotel dan pearl beach longue. untuk mendapatkan harga dan pelayanan terbaik anda mesti booking hotel terlebih dahulu karena banyak sekali orang yang ingin menghabiskan masa liburnya di sini. di hotel-hotel tersebut anda bahkan bisa bermain tenis, menyewa speedboat dan mendapat perawatan medis pribadi. hotel tersebut bisa jadi tempat terbaik untuk tinggal bersama keluarga selama mengunjungi Gili Trawangan.

Jelajahi Laut Biru

Selain Menikmati pasir pantai putih dan birunya air laut. di Gili Trawangan juga terdapat Pasar Seni, di sana anda bisa membeli suvenir untuk keluarga, teman, dan sahabat. Jangan hanya menikmati pantai, anda seharusnya menjelajahi lautan juga. Mari menyelam! di Gili Trawangan anda juga bisa menemukan beberapa instruktur selam yang sudah mendapatkan sertifikat internasional yang akan memandu anda menjelajahi dunia bawah laut. kapan pun akan jadi waktu terbaik untuk menyelam. di kedalaman sekitar 15-30 meter dibawah permukaan laut anda akan menemukan terumbu karang cantik dan ekosistem tropis dibawah beningnya laut. tak perlu cemas dengan temperatur air laut karena lautan di sekitar gili trawangan cukup hangat yakni sekitar 73 sampai 87 F. jadi anda tidak akan merasa kedinginan.

Sudahkah anda memasukkan Gili Trawangan ke dalam daftar kunjungan anda?